You are here

DIKA AGUSTIA INDRATI LULUS CEPAT RAIH IPK SEMPURNA

Program Pascasarjana (PPs) UNY secara rutin mengadakan yudisium setiap bulan. Untuk periode Maret 2017 kemarin, dihelat pada penghujung bulan (31/3) dengan diikuti oleh 41 peserta. Menurut laporan yang disampaikan oleh Asdir II, Ibu Losina Purnastuti, Ph.D., jumlah peserta tersebut terbagi dalam 20 program studi dengan raihan IPK tertinggi 4,00, terendah 3,23, rerata 3,69. Dari segi lama studi tercepat 19 bulan dan terlama 107 bulan dengan rerata 33 bulan.

Selanjutnya, dari keempat puluh satu (41) peserta tersebut, Dika Agustia Indrati berhasil menjadi lulusan terbaik karena mampu mencapai IPK 4 (sempurna) dan masa studi yang singkat yaitu 19 bulan. Alumni S1 Pendidikan Biologi Internasional FMIPA UNY ini bersedia memberikan sedikit tip dan triknya untuk bisa mencapai kesuksesan tersebut, diantaranya selalu fokus dan bersungguh-sungguh dalam melakukan segala aktivitas khususnya dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah.

Mahasiswi asal Rembang Jawa Tengah ini, mengembangkan dirinya dengan mengikuti berbagai seminar nasional maupun internasional. Dengan begitu, secara otomatis akan bertemu dengan para pakar dan dosen dari luar UNY untuk menambah ilmu dan networking. Selain itu, Dika juga menyibukkan diri untuk mengasah kemampuan mengajarnya dengan menjadi tutor di salah satu bimbingan belajar di Yogyakarta.

Dalam sambutan perwakilan mahasiswa peserta yudisium tersebut, Dika juga mengemukakan bahwa seorang mahasiswa perlu sesering mungkin membaca referensi dari luar negeri. “Kita perlu sesering mungkin untuk membaca referensi dari luar negeri sesuai bidang kita masing –masing, agar bisa memahami sebuah topik secara utuh dan original. Referensi dari Indonesia juga bagus untuk dibaca, akan tetapi terkadang sudah diubah oleh penulisnya, sudah tidak sesuai dengan buku induknya yang dari luar negeri, “ujarnya.

Di akhir sambutannya, Dika yang pernah mengenyam PPL selama 1 bulan di Sekolah Kebangsan Malaysia ini merasa beruntung, selama enam tahun belajar di UNY ini bertemu dengan banyak pakar pendidikan. Prof. Dr. Wuryadi yang merupakan pakar kurikulum, Prof. Bambang Subali Bidang Assesmen, dan Prof. Djohar yang menjadi inspirasi baginya dengan pesan yang sangat mendalam `sedikit ilmu yang kita miliki dan ditularkan, pasti akan bermanfaat`.

Sementara itu, Dr. Sugito, MA., mewakili Direktur PPs memiliki agenda lain di saat yang sama, berharap agar alumni PPs UNY mampu menunjukkan prestasi dan kualitasnya, serta selalu mengembangkan diri. “Menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa kesuksesan seseorang itu, bukan semata-mata ditentukan oleh pendidikannya, akan tetapi sebagian besar ditentukan dari dunia luar seperti dukungan orang tua, keluarga, lingkungan, dan pergaulan secara global,” lanjutnya “Silahkan setelah lulus dari jenjang S2 ini, masih terbuka lebar kesempatan untuk melanjutkan ke S3, apabila ingin melanjutkan berkarir, jadikan gelar ini sebagai modal untuk mengembangkan diri meraih sukses  sesuai karir masing-masing, “harap Asisten Direktur I PPs UNY ini. (Rubiman).

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)